YUK KE SEMARANG

Saat kamu mendengar Nama Semarang, apa yang terlintas dipikiran kamu ? Lumpia ? Lawang sewu ? Yak tepat sekali kota Semarang adalah  kota tujuan jika kamu berlibur di daerah Jawa Tengah  yang memiliki banyak tempat wisata yang bersejarah dan membuat feed Instagram kamu lebih kece abis.

hotel semarang

1. KOTA LAMA
Ada yang pernah berkunjung ke semarang? Ibu kota jawa tengah ini layaknya Jakarta yang daratannya lebih rendah daripada air lautnya.

Oleh karena itu. Rawan terkena rob dan juga banjir pada musim penghujan. Walau banyak bencana yang menyerang Namun, kota semarang tetap wajib anda masukan dalam daftar liburan anda.

Karena, disini anda akan disuguhkan dengan pesona masa lalu yang begitu kuat. Bangunan-bangunan tua serta kondisi dan suasana yang mencerminkan masa hitam putih. Kawasan tersebut adalah Kota Lama Semarang. Sampai saat ini kawasan ini masih berdiri kokoh dan menghadirkan pesona nan elok bagi siapa saja yang menikmatinya.

Banyak wisatawan yang menyebut kota lama semarang ini sebagai little netherland. Atau belanda kecil karena, bangunannya terinspirasi dari arsitektur belanda.

Maklum saja, kota ini memang menjadi saksi bagaimana jenderal belanda mendirikan pusat pemerintahannya dan dijadikan tempat masuk barang-barang komoditi yang dijual ke eropa.
Bila anda datang ke wisata Kota Lama Semarang, banyak sekali bangunan yang bisa anda jadikan latar belakang foto. Mulai dari gereja, bank, restoran, hingga kantor pos pun masih bergaya klasik belanda. Tidak heran bila malam minggu tiba, banyak wisatawan akan berdatangan dan menikmati semarang tempo dulu.

2. LAWANG SEWU

Dulu sebelum Lawang Sewu menjadi sebuah tempat wisata, tempat ini sempat menjadi tempat berbagai bangunan pemerintah. Bahkan dulu pernah menjadi markas PT KAI yang sebelumnya digunakan sebagai kantor NIS ketika Belanda menjajah Indonesia.

Disebut Lawang Sewu karena bangunan ini memiliki pintu yang banyak. Lawang berarti pintu, dan sewu artinya seribu. Padahal, jumlah asli pintunya tidak mencapai seribu, namun hanya sebanyak 342 buah.

Menyaksikan kemegahan arsitektur klasik ini memiliki sensasi tersendiri, apalagi ketika malam hari. Meski malam, pengunjung yang datang tidaklah sedikit. Trotoar jalan tetap dipenuhi pengunjung yang duduk santai atau sekedar berfoto. Memasuki dalam gedung, sinar lampu tersorot diantara gelapnya malam. 

Gedung tua ini juga menjadi saksi pertempuran antara Angkatan Pemuda Kereta Api (AMKA) melawan penjajah Jepang. Pertempuran terjadi karena pemuda AMKA ingin mengambil alih kereta api. Setidaknya ada belasan pemuda gugur dalam pertempuran ini, dan dimakamkan tepat di halaman gedung. Namun kini jenazah para pemuda tersebut sudah dipindahkan ke Taman Makam Pahlawan. Meski sudah berusia ratusan tahun, kemegahan bangunan ini masih bisa Kamu nikmati. 

Saat ini jika Kamu berkunjung ke Lawang Sewu Kamu akan menemukan banyak sekali sejarah perkembangan kereta di Indonesia. Dari kereta yang pertama kali ada di Indonesia sampai yang terakhir. 

hotel semarang

3. SAM PO KONG
Sekilas fungsi dari bangunan ini nampak aneh mengingat Laksamana Cheng Ho sendiri adalah orang islam namun mereka yang beragama Kong Hu Cu mengganggapnya sebagai dewa. Hal tersebut dapat dimaklumi sebab agama mereka menganggap orang yang sudah meninggal dapat memberikan pertolongan. Menurut cerita di dalam Gua Batu terdapat patung Cheng Ho yang dilapisi emas namun saat itu tim Travelingyuk tidak berkesempatan untuk melihat kedalam karena sedang ada ritual pemujaan yang berlangsung. Kelenteng Sam Poo Kong terbagi atas tiga bangunan utama. Satu kelenteng besar dan dua tempat sembahyang yang lebih kecil

Bagian utama disebut dengan kelenteng Thao Tee Kong yang merupakan tempat pemujaan Dewa Bumi untuk memohon berkah dan keselamatan hidup. Sedangkan dua tempat sembahyang yang lebih kecil, masing-masing bernama tempat pemujaan Kyai Juru Mudi yang merupakan makam nahkoda kapal yang ditumpangi Laksamana Cheng Ho dan tempat pemujaan kyai Jangkar dimana tersimpan jangkar asli kapal Cheng Ho.

hotel semarang

4. SIMPANG LIMA

Simpang Lima adalah sebuah area terbuka yang dijadikan sebagian pusat rekreasi dan sarana bersosialisasi oleh masyarakat Semarang. Nama resminya sendiri adalah Lapangan Pancasila. Pada tahu 1960 lapangan ini diresmikan oleh Presiden pertama Republik Indonesia, Presiden Soekarno sebagai lokasi pusat kota. Simpang Lima sendiri merupakan titik temu dari lima  buah jalan besar di Kota Semarang. Lokasi wisata ini dikatakan merupakan pusat perekonomian utama Kota Semarang . Selain perhotelan dan lokasi belanja. Banyak foodcourt yang menjajakan berbagai macam makanan bisa juga menjadi tujuan wisata kuliner.

hotel semarang

5. TUGU MUDA
Bangunan yang berada disekitar Gedung Pandanaran, Lawang Sewu, Gereja Katedral Semarang dan Museum Mandala Bhakti tersebut berbentuk seperti lilin. Bentuk ini melambangkan semangat juang para pahlawan untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia yang tidak pernah surut dan padam.Tempat dolan yang menyenangkan di Semarang bisa Dolaners temukan salah satunya di sebuah bundaran dekat Lawang Sewu yakni Monumen Tugu Muda. Taman yang begitu hijau dan rapi ditengah lalu lalang kota Semarang yang padat penduduk menjadikan tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Taman ini juga dikompliti dengan air mancur yang akan semakin tampak romantik di malam hari berpadu kegelapan malam yang sedikit sirna oleh gemerlap lampu kota dan kendaraan. Dolaners bisa mengajak teman-teman untuk mengunjungi tempat ini untuk mengusir perasaan galau, stress dan beban aktivitas baik kerja maupun akademik. Seluruh bangunan Monumen Tugu Muda berasal dari batu, selain itu untuk membuat kesan tugu semakin kuat dibangunkan taman pada sekeliling Tugu dan kolam hias.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp