liburan

Tips Liburan Dimasa Pandemi​

Bingung mau liburan atau tetap masih di rumah ?

Masyarakat harus tetap sehat disamping kembali harus memulai kehidupan sosial dan menghidupkan kembali roda perekonomian. Pemerintah telah mengeluarkan sejumlah kebijakan percepatan penanganan covid-19 dengan keharusan tetap mendukung keberlangsungan perekonomian dan aspek sosial masyarakat.

Tempat dan fasilitas umum merupakan area dimana masyarakat melakukan aktivitas kehidupan sosial dan ekonomi dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Risiko ramainya aktivitas masyarakat pada tempat dan fasilitas umum tentu saja berpotensi dalam penularan virus corona yang cukup besar.

MEMASTIKAN DIRI DALAM KEADAAN SEAHAT

pandemi

Sebelum memutuskan untuk mengunjungi tempat wisata, kita perlu memastikan diri dalam kondisi sehat dengan mengukur suhu tubuh menggunakan termometer. Jika mengalami gejala seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan/atau sesak nafas sebaiknya tetap di rumah dan mengurungkan niat untuk liburan ke tempat wisata.

Tetap waspada dengan kemungkinan sebagai OTG, terutama setelah mengunjungi daerah-daerah dengan zona merah. Jangan lupa membawa uang non tunai untuk melakukan transaksi di lokasi wisata, baik saat membayar tiket masuk, maupun untuk keperluan lainnya.

SELALU TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN

pandemi

Saat berada di lokasi tempat wisata, selalu menggunakan masker dan menghindari menyentuh area wajah seperti mata, hidung, dan mulut. Selalu disiplin menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau menggunakan handsanitizer. Selalu memperhatikan jaga jarak minimal 1 meter dengan sesama pengunjung lainnya.
Usahakan tetap menghindari mententuh apapun yang ada di tempat wisata. Sebaiknya bekal makanan dan minuman sendiri dari rumah untuk memastikan terhindar dari penyebaran virus melalui makanan dan minuman di temoat umum.

SAAT TIBA DI RUMAH SEGERA MANDI DAN BERGANTI PAKAIAN

Saat tiba di rumah, segera mandi dan bergangti pakaian sebelum kontak dengan anggota keluarga lainnya. Untuk sepatu alas kaki lainnya, sebaiknya tetap diletakkan di luar rumah untuk menghindari membawa virus masuk ke dalam rumah.

BERSIHKAN BARANG – BARANG DENGAN DISINFEKTAN

Jangan lupa membersihkan handphone, kacamata, tas, dan barang lainnya yang dibawa saat berkunjung ke tempat wisata dengan menggunakan cairan disinfektan.

Jika menggunakan kendaraan pribadi saat menujun ke lokasi wisata, pastikan untuk membersihkan kendaraan yang dipakai saat tiba di rumah, baik dengan melakukan penyemprotan maupun mencucinya dengan cairan yang mengandung detergen.

LEBIH BAIK TIDAK MEMILIH LIBURAN DI LUAR NEGERI

pandemi

Meskipun nantinya akses untuk berkunjung ke luar negeri dibuka, sebaiknya tetap memilih untuk berlibur di dalam negeri saja, bahkan disarankan liburan lokal saja di daerah masing-masing. Bagaimanapun kita tidak tahu secara persis apa yang terjadi di luar sana.

Lagi pula, tujuan pemerintah saat ini adalah untuk menghidupkan kembali roda perekonomian di tiap daerah. Adalah peran kita untuk menghidupkan kembali tempat wisata dimana kita berada agar masyarakat yang bekerja di sektor pariwisata di daerah kita juga terbantu secara ekonomi dengan kehadiran kita disana.

Terakhir yang perlu kita ingat bersama adalah, tanpa adanya sosialisasi yang masif serta mudah dimengerti oleh masyarakat, dan tanpa implementasi yang disiplin, serta penegakan hukum yang tegas, aturan sebaik apapun tidak akan efektif dalam upaya pencegahan dan pengendalian penularan covid-19 di tengah masyarakat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp