interview kerja

Cara Jitu Lolos Wawancara Kerja – 7 tips

Gapura Residence | Interview Kerja | Interview kerja efektif | 

Semua orang yang telah bekerja, pasti pernah melewati masa dimana duduk berhadapan dengan seorang manager HRD untuk diwawancarai. Bahkan mungkin jumlah Anda mengikuti wawancara bisa tak terhitung. Setiap wawancara kerja, Anda bertemu orang-orang baru, menjual diri dan keterampilan Anda. Tidak jarang, kondisi wawancara tersebut membuat orang mengalami stress.

Ada banyak cara yang dilakukan orang supaya mereka terlihat sempurna pada saat wawancara. Bahkan persiapan untuk melakukan wawancara dilakukan jauh jauh hari. Dari penampilan, soal soal psikologi dan bahkan ada yang mempersiapkan jawaban dari kemungkinan pertanyaan yang akan ditanyakan. Semakin banyak waktu yang Anda luangkan sebelumnya untuk bersiap-siap, semakin nyaman perasaan Anda selama wawancara yang sebenarnya.

Namun, ingatlah bahwa wawancara kerja bukanlah ujian: Anda tidak perlu belajar berjam-jam. Sebaliknya, Anda hanya perlu melakukan uji tuntas dalam meneliti perusahaan, memahami dengan tepat apa yang mereka cari dalam perekrutan baru, dan memastikan bahwa Anda dapat mendiskusikan pengalaman Anda dan apa yang membuat Anda sangat cocok untuk pekerjaan itu.

Sebaiknya fokus pada keterampilan komunikasi Anda secara khusus, sehingga Anda dapat berbicara dengan jelas dan ringkas tentang aset yang dapat Anda tawarkan kepada pemberi kerja.

Pada akhirnya, kunci untuk wawancara yang efektif adalah untuk menunjukkan kepercayaan diri, tetap positif, dan dapat berbagi contoh keterampilan di tempat kerja dan kualifikasi Anda untuk pekerjaan itu. Luangkan waktu untuk melatih keterampilan wawancara Anda sehingga Anda dapat mengembangkan strategi yang efektif untuk digunakan dalam semua wawancara Anda.

Dengan beberapa persiapan sebelumnya, Anda akan dapat menyelesaikan wawancara dan menunjukkan pengalaman yang menjadikan Anda kandidat ideal untuk karyawan baru perusahaan berikutnya.

Berikut adalah beberapa tips wawancara kerja yang dapat membantu Anda melakukan wawancara secara efektif. Persiapan yang tepat akan membantu meringankan beberapa stres yang terlibat dalam wawancara kerja dan menempatkan Anda untuk pengalaman wawancara yang positif dan sukses.

1.Berlatih dan Mempersiapkan

Tinjau pertanyaan wawancara kerja khas yang diajukan pengusaha dan latih jawaban Anda. Jawaban yang kuat adalah jawaban yang spesifik namun ringkas, dengan mengambil contoh konkret yang menonjolkan keterampilan Anda dan mendukung resume Anda.

Meskipun penting untuk membiasakan diri dengan jawaban terbaik, penting juga untuk mendengarkan dengan cermat selama wawancara untuk memastikan tanggapan Anda memberi pewawancara informasi yang mereka cari.

Juga, miliki daftar pertanyaan Anda sendiri untuk ditanyakan kepada pemberi kerja. Di hampir setiap wawancara, Anda akan ditanya apakah Anda memiliki pertanyaan untuk pewawancara. Penting untuk menyiapkan setidaknya satu atau dua pertanyaan untuk menunjukkan minat Anda pada organisasi. Jika tidak, Anda mungkin akan dianggap apatis, yang merupakan halangan utama bagi manajer perekrutan.

interview kerja

2. Membangun Koneksi Dengan Pewawancara

Selain menunjukkan apa yang Anda ketahui tentang perusahaan, Anda juga harus mencoba mengembangkan koneksi dengan pewawancara Anda. Ketahui nama pewawancara, dan gunakan selama wawancara kerja. Jika Anda tidak yakin dengan namanya, telepon dan tanyakan sebelum wawancara. Dan, dengarkan baik-baik selama perkenalan.

Jika Anda cenderung lupa nama, catat di tempat yang tersembunyi, seperti dalam huruf kecil di bagian bawah buku catatan Anda.

Pada akhirnya, membangun hubungan baik dan membuat hubungan pribadi dengan pewawancara dapat meningkatkan peluang Anda untuk dipekerjakan. Orang cenderung mempekerjakan kandidat yang mereka sukai dan yang tampaknya cocok dengan budaya perusahaan.

3. Teliti Perusahaan, dan Tunjukkan Apa yang Anda Ketahui

Kerjakan pekerjaan rumah Anda dan telitilah perusahaan dan industri tersebut, sehingga Anda siap untuk pertanyaan wawancara kerja, “Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?” Jika pertanyaan ini tidak ditanyakan, Anda harus mencoba menunjukkan sendiri apa yang Anda ketahui tentang perusahaan.

Anda dapat melakukan ini dengan menghubungkan apa yang telah Anda pelajari tentang perusahaan ke dalam tanggapan Anda. Misalnya, Anda mungkin berkata: “Saya perhatikan bahwa ketika Anda menerapkan sistem perangkat lunak baru tahun lalu, peringkat kepuasan pelanggan Anda meningkat secara dramatis.” Saya berpengalaman dalam teknologi terbaru dari pengalaman saya mengembangkan perangkat lunak di perusahan xxx, dan menghargai perusahaan yang berusaha menjadi pemimpin dalam industrinya.

Anda harus dapat menemukan banyak informasi tentang sejarah, misi dan nilai perusahaan, staf, budaya, dan kesuksesan baru-baru ini di situs webnya. Jika perusahaan memiliki blog dan kehadiran media sosial, mereka juga dapat menjadi tempat yang berguna untuk dilihat.

4. Bersiaplah Sebelumnya

Jangan menunggu sampai menit terakhir untuk memilih pakaian wawancara, mencetak salinan resume Anda, atau mencari buku catatan dan pena. Siapkan satu pakaian wawancara yang bagus, sehingga Anda dapat wawancara dalam waktu singkat tanpa harus khawatir tentang apa yang akan dikenakan.

Saat Anda memiliki jadwal interview kerja, persiapkan semuanya pada malam sebelumnya.

Merencanakan segalanya tidak hanya (mulai dari sepatu apa yang akan Anda pakai, bagaimana Anda akan menata rambut, hingga jam berapa Anda akan berangkat dan bagaimana Anda akan sampai di sana) memberi Anda waktu di pagi hari, tetapi juga dapat membantu mengurangi pencarian kerja. kecemasan, dan itu juga akan menyelamatkan Anda dari keharusan membuat keputusan, yang berarti Anda dapat menggunakan kekuatan otak itu untuk wawancara Anda.

Pastikan pakaian wawancara Anda rapi, rapi, dan sesuai untuk jenis perusahaan yang Anda wawancarai. Bawalah portofolio bagus dengan salinan tambahan resume Anda. Sertakan pulpen dan kertas untuk mencatat.

Jika Anda mewawancarai secara virtual, persiapkan semua teknologi dan siapkan sebelumnya. Lakukan uji coba untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik, dan Anda merasa nyaman dengannya.

5. Tepat Waktu

Tepat waktu untuk interview kerja. Tepat waktu berarti lima sampai sepuluh menit lebih awal. Jika perlu, pergilah ke lokasi wawancara sebelumnya sehingga Anda tahu persis ke mana Anda akan pergi dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai di sana.

Pertimbangkan waktu wawancara Anda sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan pola lalu lintas lokal pada saat itu. Beri diri Anda beberapa menit ekstra untuk mengunjungi kamar kecil, memeriksa pakaian Anda, dan menenangkan saraf Anda.

6.Tenang

Selama wawancara kerja, cobalah untuk rileks dan tetap setenang mungkin. Ingatlah bahwa bahasa tubuh Anda menjelaskan tentang Anda sebanyak jawaban Anda atas pertanyaan. Persiapan yang tepat akan memungkinkan Anda memancarkan kepercayaan diri:

  • Saat Anda menjawab pertanyaan, pertahankan kontak mata dengan pewawancara.
  • Pastikan untuk memperhatikan pertanyaan sehingga Anda tidak melupakannya, dan dengarkan seluruh pertanyaan (menggunakan mendengarkan secara aktif) sebelum Anda menjawab, sehingga Anda tahu persis apa yang ditanyakan pewawancara.
  • Hindari memotong pewawancara dengan segala cara, terutama saat dia mengajukan pertanyaan.
  • Jika Anda perlu meluangkan waktu sejenak untuk memikirkan jawaban Anda, tidak apa-apa, dan merupakan pilihan yang lebih baik daripada memulai dengan beberapa “ums” atau “uhs.”

7. Tindak Lanjut Setelah Interview Kerja

Selalu tindak lanjuti dengan catatan terima kasih yang menegaskan minat Anda pada posisi tersebut. Anda juga bisa memasukkan detail yang mungkin lupa Anda sebutkan selama wawancara.

Selamat mencoba, pastikan menjadi yang terbaik yah!

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *