hotel

Kamu Team Hotel Budget / Luxury ?

Gapura Residence – Tips Travelling | Hotel | Holiday

Saat berlibur Gapura reader lebih suka hotel budget atau hotel luxury sih ?. Sebelumnya akan dijelakasan yang dimaksud dengan Hotel budget merupakan jasa penginapan hotel kelas ekonomi, Hotel ini tidak memiliki restoran di dalamnya hanya saja menyediakan sarapan pagi untuk tamu pada lobi hotel. Sedangkan

Berikut ini beberapa perbedaan yang mungkin saja ada dan anda temukan pada saat anda memilih antara budget hotel dan luxury hotel:
hotel
1. Harga (Room Rates)

Salah satu perbedaan yang paling mencolok antara budget hotel dan luxury hotel jelas terletak pada harga sewa kamar per malamnya atau room rates. Di sini kata ‘budget’ dan kata ‘luxury’ menjadi kata kunci bagi anda untuk memahaminya.

Budget dapat diartikan terjangkau, sedangkan luxury dapat anda artikan mewah. Jadi secara sederhana, budget hotel tentu saja akan menawarkan harga yang terjangkau, sedangkan luxury hotel akan menawarkan harga atau room rates yang jauh lebih mahal.

Mengapa bisa demikian? Hal ini dikarenakan perbedaan yang mencolok antara budget hotel dan luxury hotel dalam hal kelengkapan fasilitas dan tingkat pelayanannya (akan dibahas pada poin berikutnya). Tapi yang pasti, harga tentu tidak akan berbeda jauh dengan layanan yang diberikan, seperti kata pepatah: “Ada harga, ada rupa”.

hotel

2. Kelengkapan Fasilitas


Nah, perbedaan lainnya antara budget hotel dan luxury hotel terletak pada aspek kelengkapan fasilitasnya.

Fasilitas pada luxury hotel atau hotel berbintang biasanya sudah terstandar secara internasional. Fasilitas hotel bintang 1 pada umumnya tidak akan lebih lengkap dan lebih baik dari fasilitas hotel bintang 2 dan seterusnya hingga hotel bintang 5.

Fasilitas yang umumnya ada dan menjadi dasar dalam menentukan level bintang dari sebuah hotel antara lain fasilitas kolam renang, gym atau tempat fitness, spa, restoran dan bar, fasilitas olahraga, ruang-ruang pertemuan/meeting, bussiness center, roof terrace, dan fasilitas-fasilitas lainnya.

Sedangkan pada budget hotel, anda sangat mungkin tidak akan menemukan berbagai fasilitas tersebut. Biasanya pada hotel budget anda hanya akan menemukan fasilitas dasar saja yang paling penting, seperti restoran. Selain itu anda hanya akan mendapatkan kamar plus kamar mandi (entah kamar dan kamar mandi yang tersendiri atau seperti barak jika anda menginap pada hotel backpacker atau youth hostel) dan mungkin sarapan. Selain itu anda harus mencarinya di luar penginapan.

Perbedaan fasilitas inilah yang juga menjadi penentu mengapa harga kamar budget hotel dan luxury hotel berbeda jauh.

hotel

3. Perbedaan layanan

Selain harga dan fasilitas, jenis dan perbedaan tingkat layanan dari sebuah tempat penginapan atau hotel juga menjadi penentu mengapa suatu hotel dilabeli sebagai budget hotel dan luxury hotel.

Layanan pada budget hotel dapat dibilang sangat-sangat terbatas. Anda hanya akan mendapatkan servis paling dasar saja, seperti resepsionis untuk check in dan check out, mungkin juga ada penitipan barang (yang sangat mungkin juga akan dikenakan biaya tersendiri), kamar, serta sarapan. Selain itu tidak ada lagi.

Hal ini 
mlakumu.com alami dulu saat menginap di salah satu hotel backpacker di Kota Paris, Perancis dimana saat itu kami mendapatkan kamar seperti barak yang berisi 4 orang turis (yang sama sekali asing) dan harus berbagi satu kamar mandi dalam.

Tentu ini akan berbeda sekali dengan luxury hotel. Di hotel berbintang, anda akan mendapatkan kamar anda sendiri, kamar mandi anda sendiri, serta berbagai layanan lain yang lebih lengkap seperti house keeping, room service, dan lain sebagainya. Dan ini artinya anda juga harus merogoh kocek lebih dalam mengingat adanya layanan-layanan tersebut.

hotel

4. Privasi dan Keamanan

Nah, ini salah satu hal penting yang perlu anda ingat dan perhatikan.

Salah satu perbedaan penting yang menonjol antara budget hotel dan luxury hotel adalah pada aspek privasi dan keamanan.

Meskipun tidak sepenuhnya dapat dijamin bahwa luxury hotel lebih menjaga privasi dan keamanan tamu-tamu mereka dibandingkan budget hotel, namun pada umumnya tingkat privasi dan keamanan pada budget hotel lebih rendah dibandingkan pada hotel berbintang.

Hal ini jelas, sesuai prinsip “Ada harga ada rupa” maka ada nilai plus dan minus dari model bisnis budget hotel. Tingkat privasi dan keamanan bisa jadi salah satu yang menjadi nilai minus dari budget hotel khususnya hotel backpacker. Hal ini karena tamu seringkali harus berada dalam kamar yang sama dan berbagi ruang dengan beberapa orang asing yang bahkan tidak mereka kenal asal usulnya, perangainya, maupun rekam jejaknya.

Meskipun ini menjadi salah satu tantangan bagi anda yang tertarik bepergian dan menjajal budget hotel, namun hal ini juga dapat menjadi peluang bagi anda untuk lebih mengenal orang-orang dari latar belakang budaya yang berbeda. Anda dapat saja mengajak mereka mengobrol ngalor-ngidul pada saat-saat santai sehingga anda juga dapat mengambil pelajaran dari pengalaman mereka. Hanya saja, saran saya tetaplah waspada dan jangan terlalu mudah percaya serta excited.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *