air

10 Negara Kekurangan Air di Dunia

Gapura Residence – Hari Air Sedunia | Kekeringan | Negara kekurangan air di dunia 

Air merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Tanpa air tidak akan ada kehidupan.  Ironisnya, berdasarkan data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 2,1 miliar penduduk dunia sulit mendapatkan air bersih. Dikutip dari usnews.com, berikut sepuluh negara yang kesulitan mendapatkan akses air bersih.

  1. Meksiko Hampir tiga perempat dari total penduduk di Meksiko tidak dapat mengkonsumsi air bersih. Karena itu, mereka sehari-hari meminum air kemasan. Negara Meksiko berada pada peringkat pertama dunia dalam konsumsi air kemasan per kapita.
    air
  2. Kongo
    Di wilayah pedesaan negara yang terletak di Benua Afrika bagian tengah ini, hanya 21% penduduk yang mendapatkan akses air bersih. Angka tersebut meningkat dua kali lipat dibandingkan lima tahun lalu. 
    air
  1. Pakistan
    Pakistan memiliki angka kesenjangan yang tinggi terkait kesempatan mendapatkan air bersih antara orang kaya dan miskin. Semakin Anda kaya, akan semakin gampang memperoleh air bersih.
  2. Bhutan
    Bhutan hanya sepertiga populasi penduduk yang mengkonsumsi air bersih bebas kontaminasi. 
  3. Ghana
    Lebih dari setengah populasi penduduk memiliki layanan sanitasi yang terbatas. Hal tersebut, menyebabkan mereka susah mendapatkan air bersih.
  1. Nepal Kurangnya fasilitas sanitasi yang layak di Nepal, menyebabkan 30% penduduk masih buang air besar sembarangan. Hal itu, menyebabkan sulitnya mendapatkan air bersih di Nepal. 
  2. Kamboja Negara anggota ASEAN ini, memiliki lima persen penduduk yang masih menggantungkan kehidupan mereka dari air kiriman bantuan. 
  3. Nigeria Nigeria adalah salah satu negara yang paling cepat meningkatkan kualitas air. Namun, sekitar 15% penduduknya masih minum dari sumber air yang kotor. 
  4. Etiopia  Negara yang sempat mengalami bencana kelaparan di tahun 1980-an ini, memiliki angka kesenjangan yang tinggi sekitar 43 poin terkait sistem pengelolaan air bersih antara di desa dan di kota. Saat berada di desa, mencari air bersih lebih sulit dibanding berada di kota. 
  5. Uganda Hampir 40% penduduk Uganda harus melakukan perjalanan lebih dari 30 menit untuk mengakses sumber air minum yang aman.

    Berikut tadi adalah Negara yang pernah kekurangan air di dunia gapura reader. Jadi apakah kalian masih boros membuang – buang air ? gunakan air secara bijak ya!.

Air

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *