April Mop

Fakta atau Mitos April Mop ? ini 4 Versi Sejarah April Mop

Gapura Residence – April Mop – 1 APril – Sejarah

 

Apakah Gapura Reader merayakan April Mop ? baanyak orang yang merayakan April Mop. kamu pasti familiar sama istilah ini. Yap, di hari April Mop atau April Fools Day, orang diperbolehkan untuk saling ngerjain dan ngebohongin satu sama lain. Asik banget, kan?

Apakah kamu salah satu yang suka merayakan April Mop ? Kalau iya, biasanya kamu ngejailin siapa aja dan kayak gimana sih? Eits, tapi sebelum berbuat jail, kamu udah tahu belum sejarah April Mop kayak gimana?

Sampai saat ini, sejarah April Mop emang belum ada yang pasti. Banyak versi yang beredar tentang asal muasal perayaan April Fools Day ini. Kebanyakan dari cerita rakyat, tapi ada juga yang berdasarkan sejarah.

Nah, HAI udah ngumpulin nih, 4 versi sejarah Apil Mop yang kayaknya sih kamu belum tahu :

April Mop

Versi Perancis

Sejarah versi Perancis ini agak aneh, sob. Warga Perancis selalu memperingati April Mop sejak 1582. Saat itu, Paus Gregory XIII merombak penanggalan kalender yang awalnya 1 tahun cuman 10 bulan, jadi 12 bulan seperti penanggalan sekarang ini. 

Dulu, perayaan tahun baru dirayakan tanggal 25 Maret sampai 1 April. Banyak rakyat Perancis yang menentang keputusan Paus ini. Dan sebagian dari mereka tetap merayakan tahun baru di tanggal 1 April.

Nah, kebiasaan ini yang kemudian jadi bahan ejekan banyak masyarakat lainnya. Walaupun selalu diejek, masyarakat Perancis masih tetep aja bertingkah aneh dan lucu tiap tanggal 1 April dan menjadikannya sebuah tradisi tahunan. Dan kita kenal sebagai April Mop.

Versi Spanyol

Di negara ini, bentuk April Mop dirayakan setiap 28 September dan dikenal dengan perayaan Dia de los Santos Inocentes atau Hari Anak Tak Bersalah. Namun pemerintah Spanyol mengeluarkan undang-undang baru pada tahun 1978 supaya perayaan ini diundur sehari supaya nggak dijadikan bahan tertawaan publik.

April Mop

Versi Romawi

Versi Romawi ini yang paling seru, sob. Joseph Boskin, seorang profesor dari Boston University bilang kalau April Mop muncul dari gagasan para pelawak kerajaan Romawi pada masa pemerintahan raja Contantin I di abad ketiga sampai keempat Masehi.

Para pelawak kerajaan ini mengajukan petisi kepada raja untuk mengizinkan mereka jadi raja sehari aja. Dan ternyata, sang raja setuju dengan petisi ini dan mengangkat salah satu pelawaknya yang bernama Jeter, untuk jadi raja sehari pada tanggal 1 April.

Setelah jadi raja, Jeter pun meresmikan tanggal 1 April sebagai hari kemustahilan dan kini kita kenal dengan nama April Mop.

Jadi dari ke 3 versi April Mop diatas Gapura Reader lebih tertarik yang mana ?

 

 

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *