mudik di dunia

Lebih Heboh Dari Indonesia, 6 Negara Ini Lakukan Tradisi Mudik

Gapura – Mudik di Dunia | Mudik Terbesar di Dunia | Mudik di Negara Lain

Halo Gapura Reader perayaan Idul Fitri atau Lebaran di Indonesia tak bisa lepas dari tradisi mudik atau pulang ke kampung halaman. Namun, siapa sangka ternyata tradisi pulang kampung yang lebih populer dengan istilah mudik di Indonesia ini juga bisa ditemui di berbagai negara lain.

Penasaran negara-negara apa saja yang juga memiliki tradisi mudik? Dan bagaimana tradisi mudik di berbagai negara lainnya? Yuk, lihat lebih dekat tradisi mudik di beberapa negara lain selain Indonesia:

Tradisi Mudik di Berbagai Negara

  1. Malaysia

Negara tetangga Indonesia ini memang memiliki kemiripan dalam berbagai hal. Salah satunya adalah tradisi mudik pada saat hari raya Idul Fitri yang lebih populer dengan istilah “balik kampung” di Malaysia.

Memiliki mayoritas masyarakat yang juga memeluk agama Islam, tradisi “balik kampung” di Malaysia umumnya dimulai sejak seminggu sebelum hari Lebaran tiba.

Tradisi mudik di dunia

  1. Turki

Tradisi mudik lainnya juga bisa kamu temukan di Turki yang juga merupakan negara dengan mayoritas masyarakatnya muslim. Sama seperti Indonesia dan Malaysia, mudik dilakukan masyarakat Turki menjelang hari raya Idul Fitri. Namun, perayaan Idul Fitri di Turki lebih populer dengan istilah “Seker Bayram”.

Selain untuk bersilahturahmi dengan keluarga dan kerabat, mudik dilakukan oleh masyarakat Turki juga untuk berziarah. Bahkan, tradisi berziarah saat mudik ini membuat banyak bermunculan pasar-pasar bunga di berbagai daerah di Turki menjelang datangnya arus mudik.

  1. Mesir

Jika negara-negara sebelumnya melakukan tradisi mudik pada Idul Fitri, berbeda dengan Mesir. Di Mesir, masyarakat lebih banyak melakukan tradisi mudik pada saat Idul Adha. Hal ini dikarenakan Idul Adha kerap dirayakan lebih besar dan meriah di negara tersebut.

Tradisi Mudik Di Dunia

  1. India

India merupakan negara dengan mayoritas penduduk beragama Hindu. Namun, ada pula masyarakat India yang memeluk agama Islam. Bagi masyarakat muslim di India, perayaan Idul Fitri juga merupakan momen yang tak lepas dari tradisi mudik atau pulang kampung. Bahkan, tradisi mudik di India tak jauh berbeda dengan mudik di Indonesia.

  1. China

Sama halnya dengan India, China merupakan negara dengan mayoritas penduduk non-muslim. Hari raya terbesar di China adalah tahun baru Imlek. Tak jauh berbeda dengan perayaan Idul Fitri, tahun baru Imlek kerap menjadi momen silaturahmi dan sangat identik dengan kebersamaan keluarga. Jadi, memasuki libur tahun baru Imlek inilah banyak masyarakat rantau di China melakukan tradisi pulang kampung untuk bertemu dengan keluarga dan kerabat di kampung halaman.

  1. Arab Saudi

Arab Saudi adalah negara dengan mayoritas penduduk Islam, sehingga tak heran jika tradisi mudik juga identik dengan perayaan hari raya Idul Fitri di negara ini.

Menjelang hari raya Idul Fitri, banyak perantau mulai pulang ke kampung halaman untuk berkumpul dengan keluarga. Sedangkan rumah-rumah di kampung halaman juga dihias dan dekorasi dengan meriah. Berbagai festival juga kerap diselenggarakan di daerah-daerah sehingga perayaan Idul Fitri dan tradisi mudik di Arab Saudi menjadi sangat meriah.

  1. Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah negara dengan latar belakang masyarakat yang sangat beragam. Namun, apapun latar belakang tersebut, hampir semua masyarakat di sana merayakan hari “Thanksgiving” yang jatuh pada hari Kamis minggu keempat di bulan November.

“Thanksgiving” merupakan hari libur umum di Amerika Serikat yang dirayakan sebagai hari pengucapan syukur dimana masyakarat berkumpul bersama keluarga atau kerabat terdekat untuk menyantap makanan bersama dan mengucap syukur. Jadi, tak heran bagi orang-orang yang merantau ke luar kota akan “mudik” pada saat Thanksgiving untuk merayakannya bersama keluarga.

Tak cuma di Amerika Serikat, “Thanksgiving” juga dirayakan di beberapa negara lain seperti Kanada, Australia, Jerman, dan lainnya dengan nama dan di hari yang berbeda.

Ternyata ada banyak sekali ya Gapura Raeder negara-negara lain yang memiliki tradisi mudik seperti di Indonesia. Bagaimana denganmu? Apa tradisi mudik khas keluarga menyambut hari raya Idul Fitri?

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *