Tips solo traveling

6 Hal yang Harus Kamu Siapkan Jika Ingin Solo Traveling

Gapura – Tips solo traveling | Solo trip artinya | Solo traveling Indonesia

Hai  Gapura Reader Sedang merencanakan solo traveling? Mungkin hati kamu sudah sangat mantap, tapi masih memikirkan banyak faktor yang mungkin terjadi.

Solo traveling sebenarnya melatih setiap orang menjadi diri sendiri. Karena dengan solo traveling kamu memegang kendali atas segala keputusan, mulai dari tempat tujuan, biaya perjalanan, sampai makanan apa yang ingin kamu coba di destinasi wisatamu. 

Sebelum meninggalkan rumah sendirian, ada baiknya kamu perhatikan hal-hal yang harus kamu siapkan jika ingin solo traveling berikut ini. 

Tips Solo Traveling

Woman sitting on a bench while checking phone Free Photo

1. Riset Seputar Destinasi Tujuan

Pertama-tama, pastinya kamu harus riset seputar destinasi tujuan sedalam mungkin. Dari harga tiket menuju destinasi liburan, lokasi penginapan yang tepat, cuaca saat kunjungan, dan yang terpenting adalah keamanan tempat yang ingin kamu kunjungi.

Saat bepergian seorang diri, kamu harus tahu tempat mana saja yang rawan kejahatan dan kalau bisa kamu menghindari tempat tersebut. 

Sekarang sudah sangat mudah mencari informasi di internet, namun akan lebih bagus lagi kalau kamu bisa menanyakan informasi terkait destinasi liburanmu ke orang yang sudah pernah berlibur ke sana ataupun orang lokal sana. 

Melakukan riset yang rinci juga membuat kamu lebih percaya diri saat di tempat tujuan. Kelihatan kebingungan dan tak tahu arah di tempat asing sangat tidak baik bagi solo traveler.

Jika perlu, bawa peta dan buku panduan wisata sebagai rencana cadangan jika sewaktu-waktu kamu tidak dapat terkoneksi dengan internet.

2. Susun Itinerary dan Budget 

Setelah riset, buatlah daftar tempat-tempat mana yang akan kamu kunjungi. Kemudian ubahlah daftar tersebut menjadi itinerary perjalanan per hari.

Menyusun itinerary sangat penting untuk menghemat waktu dan ongkos perjalanan. Kamu bisa mengelompokkan tempat-tempat yang berdekatan ataupun sesuaikan dengan waktu tertentu.

Catat harga tiket masuk, cara menuju ke tempat tujuan, jam operasional dan berapa lama kamu akan menghabiskan waktu di tempat tersebut. 

Selain jadwal perjalanan, menentukan budget perjalananmu juga tak kalah pentingnya. Karena kamu sendirian, kamu harus pintar-pintar mengatur budget perjalanan.

Saat solo traveling, manfaatkan akomodasi dan transportasi yang bisa berbagi biaya dengan orang lain. Di sini lah biasanya kamu akan bertemu dengan orang baru dan menambah koneksi. 

3. Atur Barang Bawaan

Ingat, kamu akan bepergian sendiri, tidak akan ada orang yang membantu membawakan barang bawaanmu.

Kunci dalam mengatur barang bawaan saat solo traveling yang pertama adalah jangan terlalu banyak bawa baju. Bawalah pakaian yang ringan dan nyaman saja.

Selanjutnya, jangan tergoda membawa barang-barang tidak perlu, apalagi hanya buat gaya saja. Obat-obatan pribadi tak boleh ketinggalan, apalagi kalau kamu punya masalah kesehatan tertentu. 

Setelah menentukan barang yang akan kamu bawa, kamu bisa belajar cara packing praktis. Misalkan barang apa yang ditaruh di bawah dan mana yang perlu ditempatkan di posisi yang mudah dijangkau. 

Sebelumnya kamu sudah memperkirakan berapa biaya yang akan kamu keluarkan. Setelah itu, kamu perlu tahu biaya mana yang bisa dibayar sebelum berangkat dan mana yang akan dibayar di tempat. Untuk itu, kalau kamu pergi ke luar negeri, jangan lupa membawa mata uang lokal. 

Travel in the new normal, man packing a suitcase Free Photo

4. Buat List yang Dibawa Saat Solo Traveling  

Penting untuk membuat list barang yang kamu bawa. Pasalnya, kamu akan sering berpindah tempat saat solo traveling. Tak ada yang membantu memperhatikan apakah ada barang yang terlupakan.

Dengan memiliki daftar barang yang kamu bawa, kamu bisa mengecek ulang setiap kali ingin meninggalkan suatu tempat.

Pastinya kamu tidak ingin barang yang sudah sangat minimalis, ada yang tertinggal. Bisa-bisa menghambat perjalananmu berikutnya. 

Selain list barang, kamu juga perlu membawa list uang tunai yang kamu bawa. Ada baiknya kamu catat berapa uang tunai yang kamu bawa, saldo di ATM maupun tagihan terakhir kartu kredit dan siapkan sesuatu untuk mencatat pengeluaran.

Memisahkan uang tunai dan kartu ATM ataupun kartu kredit bisa menjadi ide yang bagus. Seandainya salah satu hilang, kamu masih ada cadangan uang. 

5. Backup Dokumen Penting

Baik solo traveling di dalam maupun luar negeri, backup dokumen pribadi merupakan hal wajib yang harus kamu siapkan jika ingin solo traveling.

Fotokopi dokumen penting pribadi seperti KTP, paspor, visa, serta dokumen lainnya untuk dibawa saat solo traveling. Selain fotokopi, kamu masih perlu backup lagi dengan scan lalu kirim ke emailmu.

Jadi, cadangan hardcopy dan softcopy dokumen penting harus kamu masukkan ke dalam daftar persiapan solo traveling. Sebaiknya kamu pisahkan copy dokumen penting tersebut dengan yang asli. 

6. Pastikan Bawa Kamera

Terakhir, namanya juga solo traveling, tidak ada yang menjadi “saksi” atas pengalamanmu tersebut. Oleh karena itu, pastikan kamu bawa kamera untuk mengabadikan momen-momen berhargamu.

Tak perlu kamera bagus atau mahal, kamera HP pun cukup untuk menyimpan memori solo traveling kamu.

Pastikan ada muka kamu dalam setiap gambar yang kamu ambil, jangan hanya pemandangannya.

Selain itu, solo traveling sambil mengabadikan perjalanan secara real-time merupakan salah satu cara kamu memberitahu orang terdekat keberadaanmu. 

Gimana, sudah memantapkan hati untuk solo traveling? Solo traveling pasti akan memberikan suasana dan sensasi yang berbeda dalam bepergian, terlebih lagi jika ini pertama kalinya kamu menjalani solo traveling. 

Yang penting kamu harus selalu ingat, Gapura Reader, kamu pasti akan bertemu berbagai macam orang baik di perjalanan.

Namun, jangan mudah percaya kepada orang lain. Satu-satunya yang bisa kamu andalkan adalah dirimu sendiri.

Bedakan berhati-hati dengan berpikiran buruk tentang seseorang, ya, Gapura Reader. Selamat menikmati perjalanan solo traveling mu!

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *