vication

Staycation vs Vacation, Mana yang Terbaik untuk Liburan?

Gapura – Perbedaan staycation dan vacation | Staycation adalah | Vacation adalah

Hai Gapura Reader berlibur adalah cara terbaik untuk melepas penat dari sumpeknya rutinitas sehari-hari. Berlibur juga dapat dilakukan dengan berbagai cara, Gapura Reader.

Selain dengan traveling ke tujuan impian, kamu juga bisa berlibur dengan staycation di hotel atau villa yang tidak jauh dari tempat tinggal.

Nah, jika kamu sedang menimbang-nimbang dua pilihan gaya berlibur tersebut, berikut ii masing-masing keuntungan staycation dan traveling yang bisa jadi bahan pertimbangan untuk opsi liburan kamu selanjutnya.

Staycation

Staycation

1. Lebih Murah

Salah satu keuntungan staycation jika dibandingkan dengan vacation adalah biaya yang lebih murah.

Ketika kamu pergi staycation, biaya yang perlu dikeluarkan hanya untuk hotel beberapa malam, biaya makan jika ingin pergi ke restoran, dan bensin jika kamu pergi ke hotel menggunakan kendaraan pribadi. 

Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk kereta atau pesawat yang semakin mahal, tarif bagasi yang juga mahal, dan yang pasti tidak perlu membeli oleh-oleh untuk kerabat. 

2. Bisa Membawa Hewan Peliharaan

Staycation di penginapan dan villa memang sangat menyenangkan. Selain merasakan suasana yang asri dan teduh, terdapat beberapa penginapan yang mengizinkan pengunjungnya untuk membawa hewan peliharaan, lho.

Jika kamu pergi vakansi, hal ini juga bisa dilakukan, tetapi akan lebih merepotkan saja dan belum tentu maskapai yang dipilih mengizinkan hewan untuk ikut terbang. 

3. Mudah Direncanakan

Jika traveling ke luar kota atau negeri membutuhkan perencanaan dan persiapan lebih matang, staycation cenderung lebih mudah direncanakan.

Kamu tidak perlu memikirkan tiket pesawat, rental mobil di tempat tujuan, dan masih banyak lagi.

Bahkan, kamu bisa melakukan staycation dadakan karena hanya butuh memesan hotel yang diinginkan saja.

4. Tidak Memakan Banyak Tenaga

Siapapun yang pergi liburan pasti ingin mencari hiburan dan melepas penat kan? Nah, dengan pergi staycation, hal ini bisa kamu capai dengan optimal.

Hanya datang ke hotel dan bersantai, kamu otomatis memasuki holiday mode tanpa repot bolak-balik ke airport dan hotel atau melakukan perjalanan jauh yang memakan banyak waktu dan tenaga. 

5. Barang Bawaan Lebih Sedikit

Pergi staycation berarti memanfaatkan fasilitas yang diberikan hotel sebaik mungkin, tanpa perlu banyak pergi ke luar.

Dengan begitu, barang bawaan kamu juga tidak sebanyak jika pergi traveling. Baju yang perlu dibawa kira-kira hanya baju tidur, satu pasang pakaian sehari-hari, dan 1 baju rapi untuk pergi. 

Vication

Vacation

1. Berlibur Lebih Puas

Jika saat staycation kamu hanya menghabiskan waktu 1-2 hari di dekat tempat tinggal, ketika traveling kamu akan menghabiskan waktu yang jauh lebih banyak dari itu—bahkan bisa sampai berminggu-minggu, tergantung dari tujuannya. 

Dengan waktu yang lebih banyak, otomatis kamu akan benar-benar berlibur dan melepas semua penat yang ada.

Sebelum traveling, pasti kamu akan meminta izin dari orang kantor terlebih dahulu, sehingga tidak akan ada yang menghubungi perihal pekerjaan dan rutinitas yang selama ini kamu jalani akan terlupakan sejenak.

2. Menciptakan Memori Indah

Ketika traveling, banyak pengalaman dan momen berharga yang akan kamu alami. Pengalaman ini akan jadi memori yang indah dan tidak bisa digantikan oleh apapun. Ambil gambar sepuasnya, agar ada kenangan yang bisa kamu lihat di kemudian hari. 

Meskipun begitu, jangan lupa untuk tetap menikmati momen yang sedang kamu jalani, ya. Jangan sampai kenangan yang diingat hanya foto-fotonya saja, bukan liburan yang sebenarnya.

3. Mendapat Pengalaman Baru

Banyak hal baru yang bisa kamu dapatkan saat sedang traveling. Mulai dari bertemu orang baru, mempelajari bahasa dan budayanya, atau melakukan hal-hal yang tidak ada di tempat asalmu. 

Banyak hal-hal kecil yang dapat menjadi sangat menyenangkan ketika sedang traveling. Salah satunya adalah bermain salju di negara beriklim dingin, snorkeling di destinasi terbaik di dunia, pergi ke negara yang jalur mobilnya di berada di sebelah kanan, atau bahkan hanya dengan berjalan kaki di kota kecil yang sangat asing untukmu.

4. Mempelajari Kebudayaan dan Bahasa Baru

Traveling ke luar kota atau luar negeri bisa memperluas wawasan kamu, lho. Dengan tinggal jauh dari rumah dan berinteraksi dengan warga di tempat tujuan, kamu akan mempelajari setidaknya budaya yang dianut di daerah tersebut atau bahasa yang asing untukmu agar bisa membaur dengan warga lokal. 

5. Tenaga dan Biaya yang Dikeluarkan Sangat Sepadan

Untuk traveling pastinya membutuhkan tenaga dan biaya yang jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan staycation.

Mulai dari perencanaan, pemesanan hotel, packing, rental kendaraan pribadi untuk tempat tujuan, dan masih banyak lagi. 

Tetapi, itu semua sangat sepadan dengan manfaat dan pengalaman yang akan kamu dapatkan, seperti hiburan, teman baru, dan pengetahuan baru.

Itu dia, manfaat dari staycation dan juga traveling. Jadi, kira-kira mana yang akan kamu pilih untuk rencana liburan berikutnya?

Kamu bisa pilih jenis liburan yang sesuai dengan kebutuhan, budget, dan waktu yang kamu punya. 

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *