diving di Indoneisa

Bertualang di 10 Titik-Titik Diving Terbaik di Indonesia!

Gapura – Diving di Indoneisa | Wisata bawah laut | Tempat diving terbaik di indonesia

Untuk Gapura Reader yang berjiwa petualang, Indonesia menawarkan banyak sekali pesona wisata yang sangat tepat untuk membangkitkan rasa petualangmu. Salah satunya adalah dengan menyusuri kekayaan bahari atau alam bawah laut yang ada di perairan Nusantara.

Sudah bukan rahasia jika Indonesia kerap menjadi tujuan diving atau olahraga selam bagi banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

Destinasi Tempat Diving Terbaik di Indonesia

Raja Ampat Scuba Diving Experience

1. Raja Ampat

Raja Ampat memang salah satu primadona pariwisata yang ada di Nusantaran. Kawasan yang terdiri dari lebih dari 600 gugusan pulau, Raja Ampat tak hanya terkenal akan keindahan bentang alamnnya, namun juga sebagai titik diving terbaik di Indonesia yang terlah mendunia.

Bahkan, keempat pulau terbesar di Raja Ampat, yakni Pulau Misool, Pulau Salawati, Pulau Batanta, dan Pulau Waigeo telah dinobatkan sebagai kawasan dengan keragaman biota laut tertinggi. Tak heran jika kawasan yang merupakan rumah bagi 75% spesies terumbu karang yang ada di dunia ini menawarkan keindahan alam bawah laut yang menakjubkan bagi para penyelam.

Beberapa titik selam favorit dikawasan ini antara lain ada di Masuar Island, Chicken Reef, Mike’s Point, hingga Blue Magic.

Wakatobi: Scuba Diving Vacation Packages

2. Wakatobi

Ditetapkan sebagai taman nasional pada 1996 silam, kawasan Wakatobi juga merupakan cagar biosfer dunia yang dikenal sebagai salah satu destinasi diving terbaik yang ada di Indonesia, bahkan dalam tingkat nasional! Kekayaan alam bawah laut di Wakatobi bisa kamu jelajahi dengan menyusuri gugusan kepulauan Wakatobi seperti Pulau Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan juga Binongko yang terkenal sebagai titik selam terbaik yang ada di Wakatobi.

The Best Diving Sites in Indonesia: Weh Island Diving - Diving in Aceh -  Aceh Diving

3. Pulau Weh

Pulau Weh, atau yang lebih dikenal juga dengan sebutan Sabang merupakan salah tempat yang terkenal sebagai Kilometer Nol, atau titik kilometer pertama Indonesia yang berada di ujung Provinsi Aceh. Pulau Weh sendiri terkenal akan kekayaan potensi pariwisata yang dimilikinya mulai dari indahnya Gunung Merapi Jaboi, Aneuk Laot dan Priya Laot hingga berbagai lokasi diving terbaik yang kerap jadi buruan para wisatawan.

Beberapa pilihan titik selam favorit yang ada di kawasan ini antara lain Pulau Klah, Pulau Rondo, Pulau Seulako, dan juga Pulau Rubiah. Agar bisa mengabadikan keindahan alam bawah laut, jangan lupa bekali dirimu dengan kamera underwater terbaik saat mengunjungi Pulau Weh, ya!

Anda Suka Diving? Yuk, Ke Taman Laut Pantar di Alor - NTT

4. Kepulauan Alor

Berlokasi di Nusa Tenggara Timur, Kepulauan Alor yang terdiri dari gugusan pulau-pulau indah adalah salah satu destinasi wisata yang menawarkan panorama alam terindah yang ada Indonesia, termasuk alam bawah laut kawasan ini. Setidaknya ada lebih dari 20 titik selam yang ada di kawasan ini termasuk Half Moon Bay, Baruna’s Point, Trip Top, dan berbagai diving spot terbaik lainnya.

Menyelam di kawasan Kepulauan Alor, Kamu bisa menemukan biota-biota laut yang menakjubkan seperti hiu karang hingga penyu yang hidup berdampingan dengan berbagai spesies terumbu karang nan indah yang hidup di perarian Alor.

Bagaimana Cara Panduan Lengkap Wisata Ke Kepulauan Derawan

5. Kepulauan Derawan

Teridri dari setidaknya 31 gugusan pulau indah, Kepulauan Derawa yang berada di Kalimantan Timur ini merupakan rumah bagi beragam biota laut menawan. Hal ini menjadikan Derawan sebagai salah satu destinasi diving terbaik dunia yang ada di Indonesia. Bagi Kamu yang ingin menelusuri keindahan alam bawah laut, rekomendasi tempat diving favorit di kawasan Derawan antara lain Pulau Maratua, Pulau Sangalaki, dan juga Pulau Kakaban yang dikenal akan keberadaan ubur-ubur yang tak menyengat.

7 Spot Diving Terbaik di Karimunjawa | BukaReview

6. Karimunjawa

Berada di laut Jawa, Karimunjawa adalah gugusan kepulauan yang ditetapkan sebagai Taman Nasional pada 2001 silam. Kawasan yang termasuk wilayah Jepara, Jawa Tengah ini terkenal sebagai salah satu tempat penangkaran hiu yang tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan.

Selain itu, alam bawah laut Karimunjawa juga menjadikannya sebagai tempat diving favorit yang memiliki sekitar 30 titik penyelaman dengan kedalaman yang bervariasi serta ragam biota laut yang menarik seperti Penyu Sisik, Penyu Hijau, Ikan Napoleon, dan ratusan spesies ikan hias air laut lainnya.

5 Best Diving Spot in Bali – Island Escape Villas

7. Bali

Bali memang surga wisata yang takkan pernah habis pesonannya. Mulai dari beragam keindahan pantai, lokasi surfing yang menantang, adat budaya yang indah, hingga alam bawah laut menawan yang cocok untuk Kamu selami.

Ada banyak sekali pilihan titik selam terbaik di Pulau Dewata yang bisa Kamu jelajahi mulai dari Penida Bay, Batu Abah, Manta Point, hingga Malibu Point di Nusa Penida, hingga di Pulau Menjangan, dan kawasan Pantai Timur Bali seperti Amuk Bay, Gili Tepekong, dan juga Blue Lagoon.

diving-bunaken-manado-5 | Two Fish Divers

8. Bunaken

Satu lagi Taman Nasional di Indonesia yang bisa jadi pilihan lokasi diving terbaik untuknya, takni Taman Nasional Bunaken yang berada di Manado, Sulawesi Utara. Dengan puluhan titik selam dengan kedalaman yang bervariasi, Bunaken menawarkan kekayaan Hayati yang memukau. Berbagai spesies terumbu karang indah dan biota laut menarik seperti Ikan Duyung, Lumba-Lumba, hingga ikan purba Choelacanth bisa Kamu temukan di titik selam kawasan Bunaken.

5 Spot Snorkeling di Pulau Komodo yang Hadirkan Pesona Memukau

9. Pulau Komodo

Menjadi Taman Nasional sejak 1980 dan ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia pada 1991, Pulau Komodo terkenal sebagai rumah bagi satwa endemik Komodo yang dilindungi. Tak hanya terkenal akan keberadaan hewan purba ini, alam Pulau Komodo juga sangat mempesona sehingga menjadikannya semakin menarik untuk dijelajahi, termasuk juga alam bawah laut di kawasan ini.

Pulau Komodo memiliki beberapa titik selam yang terkenal akan keindahan bentang alam bawah lautnya seperti Pantai Merah, Batu Bolong, Batu Tiga, Manta’s Point, dan juga Tatawa Besar yang menjadi beberapa pilihan diving spot favorit para wisatawan yang mengunjungi tempat ini.

Togean Island - Archipelago Travel

10. Togean

Meskipun tidak seterkenal Pulau Komodo, ataupun destinasi tempat diving lainnya di Indonesia, jangan sepelekan keindahan alam bawah laut di perairan Pulau Togean, Sulawesi Tengah. Berbagai aktivitas diving seperti muck dive, wall dive, dan night dive bisa Kamu lakukan di kawasan ini.

Selain menawarkan keindahan alam yang cantik, menyelam di perairan Togean, Kamu juga bisa menyusuri bangkai pesawat bomber Amerika pada Perang Dunia ke-2 silam. Menarik, bukan?

Sudah tentukan lokasi diving mana yang akan Gapura Reader jelajahi di liburan selanjutnya? 

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *