manfaat tahu

10 Manfaat Tahu: Lauk Sederhana, Gizi Istimewa

Gapura Residene 

 

Manfaat Tahu

Hai Gapura Reader apakah kamu suka mengonsumsi Tahu? Jika iya, kamu wajib menyimak artikel ini sampai tuntas. Tahu memiliki berbagai jenis, mulai dari tahu putih, kuning, pong, sutera, kulit, dan sebagainya. Pada dasarnya, tahu bertekstur lembut dan menghadirkan rasa gurih.

Selain rasanya yang lezat, tahu juga mudah ditemukan di pasaran. Tak heran, apabila olahan kacang kedelai ini sudah menjadi makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

Makanan olahan ini juga mengandung berbagai kandungan dan manfaat yang diperlukan tubuh. Lantas, apa saja kandungan dan manfaat tahu untuk kesehatan ? Simak di bawah ini!

Pasalnya, tahu menjadi makanan yang biasa dikonsumsi karena kaya akan kandungan gizi. Baik protein nabati maupun komposisi asam amino terlengkap.

Nah, apa sajakah kandungan tahu? Simak kandungan nutrisi per 100 gram (g) tahu di bawah ini:

  • Air: 82,2 g
  • Energi: 80 kilokaloki (kkal)
  • Protein: 10,9 g
  • Lemak: 4,7 g
  • Karbohidrat: 0,8 g
  • Fosfor: 183 miligram (mg)
  • Kalsium: 223 mg
  • Kalium: 50,6 mg
  • Natrium: 2 mg
  • Serat : 0,1 g
  • Zat besi: 3,4 mg
  • Seng (zinc): 0,8 mg
  • Beta Karoten: 118 mikrogram (mcg)
  • Thiamin (vitamin B1): 0,01 mg
  • Riboflavin (vitamin B2): 0,08 mg
  • Niacin (vitamin B3): 0,1 mg
  • Dibalik kandungan gizi tahu, tentunya, ada berbagai manfaat dan khasiat yang bisa kamu dapatkan saat mengonsumsinya.
  • Itu sebabnya banyak orang yang menjadikan tahu sebagai santapan favoritnya. Ditambah lagi, harganya yang sangat terjangkau. Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah manfaat tahu untuk kesehatan:
  1. Menjaga Kadar Gula Darah

Siapa sih yang mau terjangkit penyakit diabetes? Pastinya, semua ingin menghindari penyakit mematikan satu ini. Pada dasarnya, diabetes atau kencing manis terjadi karena tingginya kadar gula darah dalam tubuh.

Tahu adalah salah satu makanan yang mengandung isoflavon, yakni senyawa yang dipercaya mampu mengontrol hingga menurunkan kadar gula darah. Oleh karena itu, tahu sangat baik untuk dikonsumsi para penderita diabetes.

Nah, selain memperbaiki sensitivitas insulin, senyawa isoflavon ini juga memiliki berbagai manfaat, lho. Akan dibahas lebih lanjut di bawah ini, ya!

  1. Mengurangi Risiko Kanker Saluran Pencernaan

Sebelumnya, telah dibahas mengenai fungsi isoflavone untuk mencegah diabetes. Kini, akan dibahas mengenai manfaat isoflavone yang dapat mengurangi risiko kanker saluran pencernaan, seperti kanker kolorektal dan lambung.

Pada dasarnya, manfaat ini telah dibuktikan dari penelitian yang menunjukkan bahwa asupan tahu berhasil menurunkan risiko kanker saluran pencernaan sebanyak 61% pada pria dan 59% pada perempuan.

  1. Menurunkan Risiko Terjangkitnya Kanker Prostat

Selain mencegah kanker saluran pencernaan, kandungan isoflavon dalam tahu juga berfungsi untuk menurunkan risiko kanker prostat.

Sebab, kandungan isoflavon ini beraksi sebagai anti karsinogenik atau zat yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Terlepas dari itu, ada pula senyawa antioksidan yang dapat memerangi radikal bebas sebagai molekul penyebab kanker.

  1. Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara tentu menjadi mimpi buruk bagi setiap wanita. Faktanya, penyakit satu ini adalah penyebab utama kematian di kalangan wanita, yakni sebesar 15,5%.

Salah satu makanan yang bisa dikonsumsi guna mencegah penyakit ini adalah tahu. Sebab, tahu mengandung phyto estrogens yang diyakini berfungsi untuk mencegah perkembangan sel kanker payudara.

  1. Mempertahankan Kesehatan Kulit

Isoflavone, senyawa akan multi-manfaat ini juga dipercaya bagus untuk kesehatan kulit. Kandungan ini dapat mengurangi tanda penuaan kulit seperti bintik hitam, keriput, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, isoflavone juga mampu membantu mengencangkan otot kulit dan mempertahankan elastisitas kulit. Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan kulit yang bagus, rajinlah untuk konsumsi tahu, ya!

  1. Mencegah Osteoporosis

Penyakit osteoporosis adalah kondisi dimana kepadatan tulang berkurang sehingga tulang menjadi keropos dan mudah patah. Kalsium adalah salah satu nutrisi yang dapat mencegah pengeroposan tulang tersebut.

Kandungan kalsium ini bisa kamu dapatkan melalui konsumsi tahu. Bahkan, ada yang mengatakan kandungan kalsium dalam tahu (4 ons) serupa dengan kandungan kalsium dalam susu sapi (8 ons), lho.

Selain kalsium, isoflavon dalam tahu ini juga diketahui dapat meningkatkan kepadatan tulang guna mengurangi risiko osteoporosis pada wanita menopause.

  1. Menurunkan Berat Badan

Apabila kamu sedang dalam menjalankan program diet, tahu menjadi pilihan makanan yang tepat untuk kamu konsumsi. Sebab, meskipun rendah kalori, tahu juga dapat memberikan kamu kekenyangan, lho.

Selain itu, tahu juga terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) dalam darah.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Makanan yang berserat tinggi sangatlah baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Pasalnya, kekurangan serat dapat menyebabkan bakteri baik terbunuh.

Padahal, kehadiran bakteri baik juga berguna untuk mencegah kamu terkena infeksi pencernaan seperti diare dan sembelit.

Oleh karena itu, bisa mengonsumsi tahu yang mengandung serat untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Kandungan serat dalam tahu juga diyakini dapat mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar (IBS), lho.

  1. Meningkatkan Kinerja Otak

Masih dengan senyawa yang sama, isoflavon, juga diyakini dapat meningkatkan fungsi kognitif dan daya ingat, terutama pada wanita yang berusia di atas 65 tahun (setelah menopause).

Selain itu, terdapat pula kandungan lesitin dalam tahu yang berfungsi untuk memproduksi asam fosfolipid fosfatida (PA) dan fosfatidilserin (PS). Kedua kandungan asam inilah yang dipercaya dapat membantu kinerja unit kerja dasar otak (neuron).

  1. Mengurangi Kerontokan Rambut

Helaian rambut yang terus-menerus jatuh pastinya sangat menganggu. Nah, jika mempunyai masalah rambut yang suka rontok, kamu bisa mencoba mengonsumsi tahu!

Sebab, tahu memiliki kandungan keratin dan protein yang bermanfaat untuk mencegah atau mengurangi kerontokan rambut yang berlebihan.

Nah, demikian manfaat tahu untuk kesehatan tubuh. Mulai saat ini, kamu bisa menjadikan tahu sebagai menu makan yang wajib kamu konsumsi.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *