Tempat berbahaya di dunia

6 Tempat Paling Berbahaya di Dunia | Bahkan Ada di Indonesia!

Gapura Residence 

Tempat Paling Berbahaya Di Dunia

Hai Gapura Reader ternyata ada sejumlah tempat di Bumi ini yang ternyata sangat berbahaya dan bahkan ada yang terisolasi dari peradaban manusia.

Bahkan saking berbahayanya, tidak semua manusia dapat mampu bertahan di tempat tersebut. Bisa dibilang hanya mereka yang ‘terpilih’ yang mampu bertahan di tempat ini.

Apa saja lokasi itu ?.Berikut ini adalah tempat-tempat paling berbahaya di dunia, bahkan ada yang di Indonesia!

Tempat paling berbahaya di dunia

1. Gunung Sinabung – Indonesia

Gunung Sinabung merupakan salah satu gunung berapi kerucut (stratovolcano) teraktif yang berlokasi di Pulau Sumatra di Indonesia.

Meski Gunung Merapi mendapatkan status sebagai gunung berapi paling aktif di dunia, tapi letusan gunung ini teramat sering bahkan menyebabkan ribuan penduduk terpaksa kehilangan tempat tinggal juga mata pencaharian.

Tidak sedikit kota dan desa terdekat yang sudah tertutup lava dan abu dari letusan gunung berapi yang cukup aktif ini.

Tercatat, berturut-turut letusan Gunung Sinabung terjadi di tahun 2010, 2013, 2014, 2015, dan 2016. Bahkan puluhan orang pun menjadi korban jiwa lantaran letusan gunung ini tiap tahunnya!

Tempat paling berbahaya di dunia

2. Pulau Fraser – Australia

Pulau Fraser (K’gari) adalah tanah tradisional orang Butchulla dan pulau yang terdaftar sebagai warisan budaya yang terletak di sepanjang pantai tenggara di wilayah Wide Bay – Burnett, Queensland, Australia.

Pulau ini berjarak sekitar 250 kilometer di utara ibu kota negara bagian, Brisbane, dan merupakan wilayah dalam wilayah pemerintah daerah Fraser Coast Region. Pada sensus 2016, pulau itu berpenduduk 182 orang.

Pulau yang dinyatakan sebagai pulau pasir terbesar di dunia ini memiliki banyak pantai indah bertabur pasir putih dan air yang jernih.

Walau begitu, pantai-pantai ini sepi lantaran berisi banyak laba-laba mematikan ditambah anjing dingo liar yang sangat agresif, ubur-ubur penyengat, dan kawanan hiu. Masih mau mendatangi pulau ini?

10-7-1913: 'Neraka' di Bumi dan Kisah Miliuner yang Tak Bahagia - Global Liputan6.com

3. Gurun Death Valley – California

Gurun Death Valley diberi nama yang menakutkan ini lantaran suatu alasan. Gurun yang berlokasi dekat dengan perbatasan California dan Nevada ini sangat panas saat musim panas.

Bayangkan saja suhunya dapat mencapai angka 56,7 derajat Celsius pada puncak tertingginya di musim panas. Mengerikan bukan?

Namun, hal yang menjadi keunikan dari lokasi ini adalah Death Valley dapat menjadi teramat sangat dingin hingga berbulan-bulan selama musim dingin.

Rekor suhu terendah yang perna dipegang oleh gurun ini adalah di angka -9 derajat Celcius pada tahun 2020 lalu.

Tentu saja hal tersebut akan sangat berbahaya bagai para pengunjung lokasi ini yang tak menyiapkan diri dengan perubahan iklim ekstrem ini.

Tidak sampai di situ saja, bahkan badai di sekitar pegunungan bisa menyebabkan banjir dadakan di lembah. Waduh, repot juga kalau ke sini.

Danau Nyos di Afrika Menjadi Danau Paling Mematikan di Dunia, Telah Membunuh Sekitar 1746 Orang - Tribun Travel

4. Danau Nyos – Kamerun

Danau Nyos berlokasi di barat laut Kamerun, posisi tepatnya berada di area yang sangat rawan dengan aktivitas gunung berapi.

Bahkan diketahui gunung berapi ini mampu menyemburkan gas karbon dioksida dari dasar danau (letusan limnik) hingga membentuk awan panas mematikan!

Letusan tersebut memicu pelepasan tiba-tiba sekitar 100.000 300.000 ton (1,6 juta ton, menurut beberapa sumber) karbon dioksida.

Lantaran gas ini jauh lebih berat dari okesigen, sehingga gas ini bisa turun kemudian mendorong oksigen di sekitar lokasi menjauh.

Setidaknya dua letusan yang terjadi di tahun 1980 telah memakan korban jiwa sebanyak 1.700 orang dan 3.500 ternak di sekitar danau tersebut. Waduh, bagaimana jadinya kalau tiba-tiba mengeluarkan karbon dioksida tanpa pertanda?

Dallol, kawah hijau terpanas di muka bumi | merdeka.com

 

 5. Dallol – Ethiopia

Wilayah Dallol mendapatkan julukan sebagai kota hantu pada sensus penduduk di tahun 2015 di negara tersebut.

Pasalnya, Dallol terletak di lokasi yang terpencil, terendah, dan sekaligus yang terpanas di planet Bumi ini.

Bisa dikatakan suhu tahunan rata-ratanya mencapai 34,6 derajat Celcius. Padahal kota tersebut awalnya merupakan kota berpenghuni terpanas di dunia.

Namun, selain karena suhunya yang teramat tinggi disertai dengan air bawah tanahnya yang sangat asin dan asam, ada geiser yang menyemburkan gas beracun!

kg-mailuu-suu-1-735x490 - Phinemo.com

6. Mailuu-Suu – Kyrgyzstan

Kota yang hanya memiliki penduduk kurang tidak lebih dari 23 ribu orang, ini merupakan kota penambangan uranium di Kyrgyzstan.

Dikabarkan kota ini mengalami kemerosotan ekonomi sejak jatuhnya Uni Soviet. Pada tahun 1946-1968, Zapadnyi Mining and Chemical Combine di Mailuu-Suu menambang dan memproses lebih dari 10.000 ton bijih uranium untuk program nuklir Soviet.

Sehingga dapat dibilang lokasi ini merupakan tempat paling radioaktif di dunia. Makanya risiko terpapar radioaktif pun sangat besar di sini.

Tidak cuma itu, tanah longsor, gempa bumi dan banjir sering terjadi di lokasi ini. Akibat bekas penambangan yang ditinggalkan tidak stabil dan membuat para penduduk tak memiliki pekerjaan yang pasti.

Bumi memang punya banyak tempat misterius yang dipenuhi hal berbahaya di dalamnya. Mulai dari kondisi alam yang ekstrem hingga flora dan fauna yang berbahaya. Apakah menurutmu tempat ini cukup berbahaya untuk kamu datangi?

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *